RSS
 

Fillers

25 Jul

Perhatikan dua orang yang sedang terlibat percakapan dalam bahasa Inggris. Ketika sedang ngomong,pembicara sesekali nyletuk dengan ucapan`umm…, ok…, well…,er…,You mean…,I mean…,  y`know…, yeah…, just…, like…, I guess…. Kata-kata itulah yang dinamakan `Conversation fillers` Apakah itu semua berguna dalam percakapan?

 

Well, fillers itu memang gak ada maknanya kalau kamu cari di kamus. Itu merupakan kata-kata yang mengalir begitu saja dalam percakapan sehari-hari. Berusaha untuk menghilangkannya juga membuat percakapan jadi agak kaku. I mean ,terkesan formal banget.Cuma jangan terlalu over saja ketika menggunakanya,Okay?

Perlu diingat bahwa kata-kata itu ,tentu saja, kurang pas kalau kamu gunakan pada situasi formal seperti dalam debat atau rapat resmi.

 

Maanfaat `fillers`

`Fillers` mengandung maksud bahwa pembicara belum mau berhenti ngomong atau belum selesai ceritanya dan saat itu merupakan  saat untuk berpikir sejenak – `mau omong apa lagi, ya? Yeah ,saat itu pembicara bukan berpikir sejenak tentang bagaimana cara mengatakanya tetapi apa yang harus diomongkan berikutnya- thinking of what to say and not how to say it. (IELT Preparation Speaking Test)

Dengan fillers, y`know ,pembicara  terasa nyaman saat ngomong, penuh percaya diri dan merasa situasi pembicaraanya mengalir lancar ,gak kaku lagi. Kelancaran berbicara (fluency) itu nggak berarti `berbicara harus cepat`, namun yang penting omonganya mengalir lancar tanpa ada keraguan -speaking at natural phase without hesitating too much.

 

Contoh :

-      Umm, I have been here for five years.

-      I like it because ,er,  it is very interesting style for me.

-      Okay, I`m going to describe my close friend. He`s ,umm, about 165 cm tall, dark brown hair, blue eyes ,I think ,yeah ,he`s quite slender build. And he`s got very round face. Y`know, he`s very good looking.

That`s about it.

 

So, ternyata gak jadi masalah kan, ketika kamu menggunakan fillers saat kamu berlatih berbicara bahsa Inggris , bahkan fillers bisa juga menjaga fluency bahasa Inggrismu. Well, yang penting kamu harus tahu kapan fillers itu sewajarnya digunakan. Mau coba berlatih?

 

Selamat berlatih! Good luck!

 
No Comments

Posted in Articles

 

Tags: ,

Leave a Reply